PT BEST PROFIT FUTURES BANDUNG, Best ProfitBursa saham Amerika Serikat (AS) atau wall street menguat pada perdagangan Selasa, 15 Februari 2022. Hal ini setelah Rusia tampaknya mundur dari invasi langsung ke Ukraina dan mendinginkan ketegangan geopolitik yang telah menekan wall street dalam tiga hari terakhir.

Kementerian Pertahanan Rusia menyebutkan telah mulai mengembalikan beberapa pasukan ke pangkalan penempatan setelah latihan di dekat perbatasan Ukraina.

Pada penutupan perdagangan wall street, indeks Dow Jones naik 422,67 poin atau 1,2 persen menjadi 34.988,84. Kenaikan indeks Dow Jones didorong lonjakan saham Boeing sebesar 3,7 persen. Indeks S&P 500 menanjak 1,6 persen menjadi 4.471,07. Bestprofit

Indeks Nasdaq naik 2,5 persen menjadi 14.139,76. Tiga indeks acuan tersebut turun pada tiga sesi perdagangan sebelumnya. Sementara itu, indeks kapitalisasi kecil Russell 2000 menguat 2,8 persen.

Juru Bicara Kementerian Pertahanan Rusia Igor Konashenkov mengatakan, pasukan yang baru-baru ini ditempatkan di distrik militer selatan dan barat Rusia yang berbatasan dengan Ukraina telah menyelesaikan latihan mereka dan akan memindahkan militernya.

Selain itu, Presiden AS Joe Biden membahas konflik itu pada Selasa sore. Ia mengatakan, Amerika Serikat akan membela anggota NATO jika konflik mulai meningkat.

“Jika Rusia melanjutkan, kami akan mengerahkan dunia,” ujar dia dikutip dari CNBC, Rabu (16/2/2022).

Ia menambahkan, sekutu Washington siap untuk menjatuhkan sanksi kuat yang akan “merusak kemampuan Rusia untuk bersaing secara ekonomi dan strategis”.

Harga minyak mentah WTI turun sekitar 3,6 persen. Sementara itu, imbal hasil obligasi AS bertenor 10 tahun melonjak 2,04 persen seiring ketegangan mereda. VanEck Russia ETF, dana yang diperdagangkan di AS yang investasi di saham besar Rusia naik 5,8 persen.

Gerak Saham dan Sentimen Ukraina-Rusia

Di sisi lain, saham maskapai dan kapal pesiar memimpin kenaikan. Sementara itu, perusahaan energi melemah seiring harga minyak turun. Saham American Airlines naik 8,1 persen dan Carnival Corp bertambah 6,7 persen. Sementara itu, saham Exxon Mobil susut 1,3 persen dan Conoco Phillips melemah 2 persen.

Saham teknologi juga menguat. Saham Netflix bertambah 2,8 persen dan Tesla naik 5,3 persen. Saham Zoom Video menguat 3,4 persen. “Menurunnya ketegangan antara Rusia dan Ukraina membantu sentimen keseluruhan hari ini, tetapi itu bukan satu-satunya kabar baik.

Kasus COVID-19 AS sekarang turun 80 persen dari puncaknya pada Januari, tanda lain pembukaan kembali akan bergerak maju,” kata Ryan Detrick dari LPL Financial.

Selain sentimen Ukraina, investor juga melihat lagi gambaran inflasi pada Selasa pekan ini. Indeks harga produsen yang mengukur permintaan barang dan jasa naik 1 persen pada Februari 2022 dari perkiraan Dow Jones 0,5 persen.

Selama 12 bulan terakhir, indek itu naik 9,7 persen. Inflasi inti yang tidak termasuk makanan, energi, dan jasa perdagangan meningkat 0,9 persen pada Februari 2022 dan melampaui perkiraan 0,4 persen.

“Berita bahwa Rusia kembali menarik sejumlah pasukannya dari perbatasan Ukraina memicu tawaran untuk saham dan harga minyak tertekan,” ujar Ekonom Oxford Economics, Kathy Bostjancic.

Ia menambahkan, NATO masih menunggu konfirmasi mundurnya pasukan. Sementara itu, harga grosir di Amerika Serikat mulai naik pada 2022 dengan kecepatan yang dipercepat. Ini menekankan the Fed mencermati inflasi, dan melakukan pengetatan pada 2022.

Sumber

liputan6.com

lowonganlowongan kerjalowongan kerja bandungloker bandung

best profit, bestprofit, pt bestprofit, pt best profit, best, pt best, bpf

pt bpf, bestprofit futures, pt bestprofit futures, best profit futures, pt best profit futures

PT BESTPROFIT FUTURES BANDUNG