PT BEST PROFIT FUTURES BANDUNG, BestprofitBursa saham Amerika Serikat (AS) kompak melesat pada perdagangan Jumat, 2 Juni 2023. Indeks Dow Jones mencatat kinerja terbaik sejak Januari seiring pelaku pasar menyambut baik data pekerjaan yang kuat dan pengesahan plafon utang yang mencegah gagal bayar utang.

Dikutip dari CNBC, Sabtu (3/6/2023), indeks Dow Jones melonjak 701,19 poin atau 2,12 persen ke posisi 33.762,76. Indeks S&P 500 mendaki 1,45 persen ke posisi 4.282,37. Indeks Nasdaq melesat 1,07 persen ke posisi 13.240,77 mencapai level tertinggi sejak April 2022 selama sesi tersebut.

Dengan kenaikan wall street pada Jumat pekan ini, indeks S&P 500 dan Nasdaq menyelesaikan kinerja sepekan yang singkat dengan masing-masing naik 1,8 persen dan 2 persen. Indeks Dow Jones juga bertambah 2 persen pada pekan ini.  PT Bestprofit

Indeks Nasdaq membukukan kenaikan selama enam minggu berturut-turut, yang tidak terlihat sejak 2020. Data nonfarm payrolls tumbuh lebih dari yang diharapkan pada Mei dengan naik 339.000. Ekonom yang disurvei oleh Dow Jones prediksi kenaikan 190.000 relatif sederhana. Kenaikan tersebut menandai 29 bulan berturut-turut pertumbuhan data pekerjaan yang positif.

Baru-baru ini, data ketenagakerjaan yang kuat telah menekan saham dengan anggapan akan membuat the Federal Reserve (the Fed) menaikkan suku bunga.

Namun, data ekonomi pada Jumat juga menunjukkan pendapatan per jam rata-rata naik kurang dari perkiraan ekonom dari tahun ke tahun, sementara tingkat pengangguran lebih tinggi dari yang diperkirakan.

Chief Equity Strategist US Bank Wealth Management, Terry Sandven menuturkan, dua poin data tersebut telah memberi investor harapan kalau the Fed dapat hentikan kebijakan menaikkan suku bunga pada pertemuan kebijakan akhir bulan ini.

“Jelas di sisi bullish, ada tanda-tanda inflasi mulai berkurang, spekulasi the Fed sementara hentikan kenaikan suku bunga, meningkatkan kemungkinan soft landing,” ujar dia.

Sentimen Plafon Utang Mereda di Pasar

Meredanya kekhawatiran seputar plafon utang Amerika Serikat juga membantu sentimen di pasar. Senat mengesahkan Rancangan Undang-Undang (RUU) untuk menaikkan plafon utang Kamis malam, mengirimkan RUU ke meja Presiden AS Joe Biden.

Itu terjadi setelah DPR mengesahkan the Fiscal Responsibility Act pada Rabu pekan ini, hanya beberapa hari sebelum batas waktu 5 Juni yang ditetapkan oleh Menteri Keuangan AS Janet Yellen.

Di sisi lain, saham Lululemon melonjak lebih dari 11 persen seiring kinerja hasil yang kuat dan peningkatan panduan. Sementara saham MongoDB melonjak 28 persen karena prediksi.

Indeks saham kapitalisasi kecil Russell 2000 melonjak 3,56 persen pada Jumat pekan ini. Indeks saham tersebut mencatat reli terbaik dalam satu hari sejak 10 November 2022 dan naik di atas rata-rata pergerakan 200 hari untuk pertama kalinya sejak 8 Maret.

Pada 2023, indeks Russell sudah melonjak 3,96 persen, jauh di belakang kenaikan indeks S&P 500 juga melambung 11,5 persen. Namun, angin sedang bergeser. Pada pekan ini,  indeks Russell naik 3,3 persen, dan indeks S&P 500 bertambah 1,8 persen.

Sumber

liputan6.com

lowonganlowongan kerjalowongan kerja bandungloker bandung

best profit, bestprofit, pt bestprofit, pt best profit, best, pt best, bpf

pt bpf, bestprofit futures, pt bestprofit futures, Bestprofit futures, pt best profit futures

PT BESTPROFIT FUTURES BANDUNG